MEMAKNAI TUMA’NINAH DALAM SHOLAT

Posted: 9 April 2010 in berpikir positif
Tag:, , , ,

sebelum kita memaknai tuma’ninah dalam sholat, sebagai umat islam kita pasti tahu kalau rukun sholat itu ada 13 yaitu:

  1. Niat. Niat dilaksanakan di dalam hati serta lisan dan dibarengi dengan takbirotul ikhrom.
  2. Berdiri bagi yang mampu di dalam fardhunya. Bagi orang lanjut usia, bila dirasa tidak mampu berdiri, diperkenankan sholat dengan duduk, dan seterusnya melihat kondisi badannya.
  3. Takbirotul Ikhrom.
  4. Membaca surat Al Fatihah. Tasydid harus jelas.
  5. Ruku’ disertai dengan Tuma’ninah. Arti Tuma’ninah adalah berhenti sekira membaca lafadz subhanalloh.
  6. I’tidal disertai dengan tuma’ninah. I’tidal adalah bangun dari ruku’.
  7. 2 sujud disertai dengan tuma’ninah.
  8. Duduk diantara 2 sujud disertai dengan tuma’ninah.
  9. Duduk yang akhir.
  10. Membaca Tahiyat pada duduk yang akhir.
  11. Membaca sholawat kepada Nabi pada duduk yang akhir.
  12. Tertib di dalam rukunnya. Artinya tidak loncat – loncat, missal dari rukun yang 1 terus langsung ke rukun yang ke 5.
  13. Salam yang pertama, ketika menoleh ke arah kanan.

pada rukun yang ke-5 sampai ke-8 ada kata-kata tuma’ninah, Dalam pengertian umum tuma’ninah sering diartikan berhenti sejenak. Dalam sholat, tuma’ninah bermakna gerakan pada waktu kita ruku’ dan i’tidal  hendaklah yang sewajarnya, tidak usah buru-buru/tergesa-gesa atau dibuat selambat-lambatnya, yang paling pas adalah dengan gerakan yang sewajarnya, tertib atau dalam pengertian umum diistilahkan berhenti sejenak.

di sini saya ingin membahas bagaimana peran tuma’ninah dalam shalat akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan kita. Salah satu hikmah lain dari shalat dengan tumaninah ialah kita akan mendapatkan energi hidup yang lebih besar. dengan menjalankan sholat secara khusuk dan tidak tergesah-gesah, diharapkan kita bisa memperoleh energi dari tiap gerakan yang kita lakukan.

Ketenangan dan jeda dalam melakukan sesuatu adalah salah satu bentuk pelatihan dalam mengontrol pikiran kita. Jika kita melalukan sesuatu dengan penuh ketenangan, maka pikiran akan lebih terkonsentrasi, tindakan kita akan diringi dengan kesadaran tinggi, dan kita bisa mengendalikan pikiran kita. Pikiran yang tenang dan damai adalah pikiran yang penuh dengan energi yang melimpah karena tidak habis oleh pikiran-pikiran lain. Jika kita damai dan tenang, maka pikiran kita akan terpusat pada pikiran yang kita pilih dan akan menghasilkan energi yang luar biasa.

Seharusnya umat Islam yang selalu melakukan shalat dengan tumaninah setiap hari sudah melakukan latihan motivasi yang luar biasa. Seharusnya umat Islam saat ini adalah umat yang memiliki motivasi tinggi dan menghasilkan pencapaian yang luar biasa dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Namun apa yang kita lihat, ternyata justru sebaliknya. Ini artinya hanya sedikit umat Islam yang menjalankan ibadah dengan penuh kekhusyu’an dan tumaninah. Semua ini tergambar dari kondisi umat Islam saat ini. Ini juga menjadi bahan muhasabah bagi kita untuk menambah kualitas dan kuantitas ibadah kita.

demikian sedikit makna yang bisa kita ambil dari salah satu gerakan dalam sholat. semoga kita menjadi pribadi yang penuh motivasi dalam menjalani hidup dengan menjaga kekhusyukan kita dalam menjalankan sholat. semoga kita menjadi hambah yang selalu diberi rahmat oleh Allah di dunia maupun akhirat.

Komentar
  1. […] This post was mentioned on Twitter by miftahul ilmi, miftahul ilmi. miftahul ilmi said: says http://tinyurl.com/y4tpt3s (tulisan terbaru q) http://plurk.com/p/4l3ub0 […]

Tinggalkan komentar