ALANGKAH LUCUNYA(TIDAK TEGASNYA) NEGERI INI “

Posted: 8 Juli 2011 in berpikir positif

mungkin judul diatas sedikit menyitir film besutan deddy mizwar yang sempat tayang beberapa waktu lalu. kalau boleh dibilang lucu, memang lucu, sangat lucu hingga saya sendiri sampai lupa cara tertawa untuk mengekspresikan kelucuan tersebut. negeri yang katanya kaya akan sumber daya alam ‘gemah ripa loh jinawi’ tidak bisa hidup atau menghidupi dirinya sendiri, bahkan benyak bergantung pada negara lain.

semisal contoh beberapa waktu lalu saat muncul isu penyiksaan sapi dari australia di RPH indonesia, australia langsung menghentikan ekspor sapi ke indonesia, kita sudah kalang kabut, seakan-akan kita akan mati kalau tak ada sapi dari australia. okelah, bagi yang tahu seluk beluk perdagangan sapi, memang tak mudah mencari solusi yang cepat dan tepat untuk menanggulangi kebutuhan akan daging sapi dalam waktu singkat. itu yang saya bilang lucu karena kesalahan ini selalu berulang, kebanyakan hanya memikirkan masalahnya saja tanpa berpikir solusi yang tepat. tanpa ada isu penyiksaan sapi pun, seharusnya kita sudah mengantisipasi kemungkinan tidak adanya supply sapi australia, entah itu bagaimana caranya. pertanyaannya adalah, apakah tidak ada yang bisa mengembangbiakkan sapi di negeri subur ini?? saya yakin setiap daerah di indonesia bisa dijadikan peternakan sapi. “tapi tak ada yang mau”

itu hanya sedikit contoh, belum lagi masalah klasik, korupsi, TKI, pengelolaan sumber daya alam, dll. tak ada ketegasan pemerintah untuk mengurainya, tak ada tujuan yang jelas, semua hanya retorika. oke, semua sudah ada palanningnya, tapi realisasinya NOL besar. tak ada prioritas kerja yang harus diselesaikan lebih dahulu, gak ada yang terfokus, semua dikerjakan dengan hasil yang tentunya nihil. contoh, pemberantasan korupsi, kita selamanya tak akan bisa tahu ujung dari sebuah simpul yang sangat mbuletisasi. seperti yang disampaikan ketua MK, mahfud MD. para pemimpin kita saling menyandera kepentingan, sehingga tak akan ada kasus korupsi yang benar-benar bisa diselesaikan di negeri ini.

mungkin sedikit membandingkan dengan negara iran. benar adanya kalau mereka kaya minyak, tapi mereka tak punya sumber daya alam lain yang melimpah seperti kita, tapi mereka berani menantang amerika dalam kebijakan nuklirnya. di bawah presiden mahmoud ahmadinejad, iran punya posisi tawar yang tinggi, karena mereka tegas dan tak bergantung pada negara lain. sedangkan di indonesia, itu tak akan terjadi. banyak yang harus dipertimbangkan, dan posisi tawar kita selalu berada dibawah. seakan-akan kita tak bisa hidup sendiri, harus bergantung pada negara lain.

apakah tak ada orang pintar di indonesia yang bisa mengurus dan mengelola kekayaan alam kita? pertanyaan yang sering terdengar tapi tak pernah ada solusi. bukannya tidak ada, tapi kita sudah berada di tangan yang salah sebelumnya. ya, salah, bahkan parah dan semakin parah dari tahun ke tahun. selama pemerintahan masih ada orang-orang yang tak punya gagasan untuk maju, selalu oportunis dan tidak tegas, maka niscaya seberapapun banyak ide yang keluar tak akan menghasilkan apa-apa.

ya, semakin lucu aja negeri ini. ada kisah koruptor yang lari, tahanan yang bisa keluar masuk bui, banyaknya orang stres karena ekonomi. aku sampai lupa cara tertawa, karena memang terlalu lucu.  apakah tak ada ‘mahmod ahmadinejad’ di indoesia yang bisa jadi pemimpin?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s