AJAX VS MILAN

Posted: 28 September 2010 in olah raga
Tag:, , , ,

nanti malam sirkus uefa champions league akan kembali dipentaskan, dua kekuatan besar eropa akan bertemu, Ajax Amsterdam vs AC Milan. berikut ini cerita yang menyertai pertemuan antara keduanya.

Duel Ajax Amsterdam kontra AC Milan adalah sebuah pertarungan dua klub raksasa Eropa yang punya rivalitas cukup tinggi. Keduanya pernah saling mengalahkan di final untuk meraih trofi Eropa.

Berikut ini beberapa catatan terkait duel Ajax versus Milan di Matchday 2 Liga Champions Grup G di Amsterdam Arena, Rabu (29/9/2010) dinihari WIB:

Rekor head-to-head
Jumlah pertemuan: 8
Kemenangan: Milan 4, Ajax 3, Seri 1

Pertemuan sebelumnya:
Liga Champions, final, 28 Mei 1969, Milan 4 Ajax 1
Liga Champions, babak grup, 14 September 1994, Ajax 2 Milan 0
Liga Champions, babak grup, 23 November 1994, Milan 0 Ajax 2
Liga Champions, final, 24 Mei 1995, Ajax 1 Milan 0
Liga Champions, Perempatfinal, 8 April 2003, Ajax 0 Milan 0
Liga Champions, Perempatfinal, 23 April 2003, Milan 3 Ajax 2
Liga Champions, babak grup, 16 September 2003, Milan 1 Ajax 0
Liga Champions, babak grup, 14 September 2003, Ajax 0 Milan 1

* Ajax tinggal empat gol lagi untuk menggenapkan torehannya menjadi 100 gol di Liga Champions. Hanya adalah 14 tim yang sudah mencapainya.

* Ajax kalah enam kali dari tujuh laga LC terakhirnya melawan tim-tim Italia. Dari 13 pertemuan terakhir, melawan tim Italia, mereka cuma menang satu kali. Rekor kandang mereka melawan tim-tim Italia adalah menang lima kali, seri tujuh kali, kalah lima kali.

* Selain dua kali melawan Milan di final kejuaraan Eropa, Ajax pernah tiga kali berduel dengan klub Italia di final. Mereka mengalahkan Inter Milan di final Piala Champions 1972, dan Juventus setahun kemudian, tapi kalah dari Juve di final 1996. Mereka juga pernah bertemu Torino FC di final Piala UEFA 1992, dan menang produktivitas gol tandang dalam skor agregat 2-2.

* Milan, yang selalu menang dalam tiga pertemuan terakhirnya melawan Ajax, cuma kalah satu kali dari tujuh laga tandang terakhirnya di Liga Champions. Rekor tandang Milan di Belanda adalah menang empat kali, seri sekali, dan kalah lima kali.

* Kali terakhir Milan melawat ke Negeri Kincir Angin adalah saat menghadapi Heerenveen di babak grup Piala UEFA 2008/2009, dan menang 3-1.

* Striker Milan Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain kedua yang pernah mencetak gol untuk lima klub berbeda di Liga Champions – untuk Ajax, Juventus, Inter, Barcelona dan Milan. Pemain pertama adalah Hernan Crespo (Parma, Lazio, Chelsea, Inter, Milan).

* Kedua tim juga pernah bertanding dua kali lagi di ajang Piala Super Eropa 1973/1974. Di leg pertama Ajax kalah 0-1, tapi membalasnya dengan skor telak 6-0 di pertandingan kedua di kandang sendiri.

patut di simak, apakah milan mampu melanjutkan dominasinya ataukah ajax akan membuat pertemuan kedua klub menjadi berimbang.
selamat begadang bagi milanisti.

Komentar
  1. gajah_pesing mengatakan:

    semoga bukan hanya ajax dan milan aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s