EMPOWERMENT

Posted: 26 Juni 2010 in berpikir positif
Tag:,

siklus empowerment

atau bahasa kerennya pemberdayaan, sangat penting rasanya bagi sebuah perusahaan untuk melakukan pemberdayaan. adapun pengertian pemberdayaan itu ada beberapa macam, diantaranya,,

  1. Memberikan Kewenangan dan Pertanggung Jawaban kepada jajaran terdepan dari Organisasi.
  2. Mengajak, memotivasi dan membiarkan orang-orang untuk mengambil tanggung jawab perorangan untuk memperbaiki cara melaksanakan pekerjaan mereka memberikan kontribusi kepada sasaran organisasi.
  3. Mencari cara-cara baru untuk memusatkan daya ketangan-tangan orang yang memerlukan wewenang, tanggung jawab, sumber daya dan hak-hak pada tingkatan yang paling layak untuk menyelesaikan tugasnya.
  4. Pemindahan daya yang terkontrol dari manajemen kepada pegawai untuk tujuan bisnis jangka panjang secara keseluruhan.
  5. Membuat suasana yang memungkinkan orang dapat menggunakan panca indera dan kemampuannya secara maksimal untuk mengejar sasaran umum baik yang berorientasi manusia maupun yang beorientasi keuntungan.

pemberdayaan mempunyai beberapa tujuan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan suatu usaha, berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari sebuah empowerment,,

  1. Organisasi bisa lebih responsif terhadap tuntutan pasar dan kompetisi yang menghendaki kecepatan dan fleksibilitas.
  2. Organisasi bisa lebih datar hingga lebih responsif dan efisien.
  3. Pegawai bisa mensupervisi dirinya sendiri dan lebih bisa melaksanakan koordinasi dan kerja lintas sektoral, lebih terintegrasi dalam prosesnya melayani pelanggan / relasi bisnis.
  4. Manajemen puncak bisa lebih konsentrasi kemasalah strategis.
  5. Bisa mencurahkan seluruh sumber daya yang dapat membantu meningkatkan daya kompetisi.
  6. Bisa memenuhi harapan yang lebih tinggi dari pegawai terdidik.
  7. Pemberdayaan juga bisa merupakan ajang kaderisasi karena para staf yang berbakat menjadi manager dan pimpinan akan tampak.
  8. Pegawai akan lebih inovatif atau kreatif serta akan memberikan komitmennnya untuk memajukan perusahaan, yang pada akhirnya para pegawai akan lebih loyal kepada perusahaan tempat mereka bekerja.

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pemberdayaan, salah satunya menurut Bowen Dan Lawler, ada 3 macam cara yang bisa dilakukan,,

  1. Suggestion Involvement yaitu pegawai diajak untuk menyumbangkan ide melalui program sumbang saran atau Gugus Kendali Mutu
  2. Job Involvement yaitu pegawai memiliki kebebasan yang memadai didalam memutuskan bagaimana cara melaksanakan pekerjaan dan mendapatkan umpan balik.
  3. High Involvement yaitu pegawai hingga tingkat rendah memiliki rasa keterlibatan didalam pencapaian performansi organisasi secara total. Informasi tentang semua aspek dari performansi bisnis disebar keseluruh unit organisasi. Ketrampilan pegawai dikembangkan secara intensif dibidang kerja sama, pemecahan masalah, operasi bisnis serta keterlibatan dalam pembuatan keputusan manajemen untuk unit kerjanya.

filosofi pemberdayaan adalah proses yang dicanangkan oleh manajemen yang menangkap pemikiran dan keinginan semua orang didalam organisasi agar mereka mampu berkembang dan bisa menggunakan semua bakat dan kemampuan mereka untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi, sasaran-sasaran pekerjaan dan karier mereka.

Komentar
  1. zheffortune mengatakan:

    bikin aku jadi lebih ngeh tentang materi ini, good luck…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s