Memilih perusahaan tepat untuk bekerja

Posted: 21 Juni 2010 in berpikir positif, opini
Tag:, ,

mencari perusahaan yang tepat untuk bekerja dan berkarya tidak hanya bisa dilihat dari gaji awal yang ditawarkan. para pencari kerja harus mencari manfaat apa saja yang ditawarkan perusahaan. semakin banyak tawaran manfaat yang diberikan semakin menunjukkan kesungguhan perusahaan dalam mendapatkan pekerja yang memiliki talenta yang superior.

ada tiga manfaat yang harus dipahami para pekerja sebelum memilih perusahaan (barrow and mosley). manfaat pertama adalah manfaat ekonomis. manfaat ekonomis tercermin dari gaji, bonus, proteksi kesehatan, fasilitas bekerja dan sebagainya. para pekerja jangan hanya terjebak pada jumlah manfaat ekonomi, tetapi bagaimana cara mendapatkan manfaat ekonomis. mengingat banyak perusahaan yang belum memiliki sistem pengukuran kinerja sehingga mempengaruhi kejelasan untuk mendapatkan manfaat ekonomis.

manfaat yang kedua adalah manfaat fungsional. manfaat ini ditunjukkan dengan seberapa jauh perusahaan memberikan kesempatan pekerja untuk mengembangkan talenta yang dimiliki. persaingan bisnis yang sengit akan memicu tingginya tuntutan pekerja untuk mengembangkan kompetensi diri. bahkan, perusahaan akan memiliki kurikulum dalam meningkatkan kompetensi pekerjanya.

jika kita pernah mendengar adanya orang yang ikut pelatihan akan diikat seumur hidup, ini merupakan bukti bahwa perusahaan tidak menawarkan manfaat fungsional. kata bekerja dan belajar tidak boleh dipisahkan agar perusahaan menang dalam persaingan. manfaat itu cenderung meningkatkan komitmen yang bersifat normatif atau perasaan berhutang pada perusahaan.

manfaat ketiga adalah manfaat psikologis. manfaat itu bisa dilihat dari seberapa jauh perusahaan berkomitmen untuk menempatkan pekerja sebagai harta perusahaan. perusahaan nge-wong-ke pekerjanya merupakan pernyataan yang cocok bagi perusahaan yang menawarkan manfaat psikologis. manfaat ketiga akan cenderung menimbulkan komitmen yang bersifat efektif atau ikatan emosional yang dimiliki pekerja terhadap perusahaan yang memicu untuk tinggal dalam organisasi.

jika mampu memberikan tiga manfaat itu, tidaklah berlebihan jika perusahaan itu disebut the employer brand. the employer brand memiliki pencitraan yang positif di mata para pekerja.

selain ketiga manfaat tersebut, ada beberapa indikator perusahaan layak disebut the employer brand. diantaranya, banyaknya pelamar, rendahnya tingkat perputaran pekerja, pemimpin selalu berasal dari organisasi, tingkat kepuasan kerja tinggi, alumni dari perusahaan tersebut berhasil ketika bekerja di perusahaan lain, para pekerja memahami tujuan perusahaan, dan komposisi biaya berkaitan dengna pekerja (gaji, bonus, fasilitas, pengembangan) selalu menempati proporsi yang tertinggi dalam total biaya perusahaan.

apa alasan perusahaan mau menjadi the employer brand? Henry Ford, pemilik perusahaan otomotif kelas dunia, menyatakan bahwa bukan perusahaan yang membayar gaji anda. perusahaan hanya mengelola uang yang mengalir dalam perusahaan. sebab, yang sebenarnya membayar gaji pekerja adalah pelanggannya.

semoga kita bisa menemukan perusahaan yang bagus dan sesuai dengan minat dan bakat kita.

Komentar
  1. gajah_pesing mengatakan:

    kira-kira ada gak ya, perusahaan yang mau menerima saia jadi direktur?, kan saia berminat jadi direktur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s