salah asuhan

tanya hati mu? yakin, bahwa manusia itu diciptakan berpasang-pasangan, tapi hidup bukan sekedar mencari pasangan!! ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dengan atau tanpa pasangan. selingkuh itu pilihan, terus menjalani hidup setelah diselingkuhi juga pilihan. terus melangkah dan menjadi tegar adalah keharusan. “angin bukan musuh untuk layang-layang, angin adalah teman yang bisa menerbangkannya ke angkasa. begitupun manusia, masalah bukanlah hal yang harus dihindari, masalah adalah teman bagi manusia untuk menjadi dewasa dan tegar menghadapi hidup,,”

SELINGKUH,, kata yang sangat dibenci oleh pasangan manapun di dunia bagi yang diselingkuhi, tapi bagi yang selingkuh, itu mungkin hal biasa. biasanya dijawab dengan kata, “aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah”, selanjutnya diteruskan dengan kata “maaf atas khilaf ku, mau kah kamu menerima aku kembali?”, sebuah kalimat yang klise untuk orang yang ketahuan selingkuh. saya tidak mau membahas tentang motivasi atau apa yang mendasari seseorang berselingkuh, tapi apa yang akan kita lakukan kalau tahu pasangan kita selingkuh,, hmmm,, cuma tangis yang menghabiskan air mata kah? bunuh diri kah? membalas selingkuh kah?

jauh lebih sulit untuk menahan perasaan yang sakit daripada menahan sakit pada fisik kita. kadang kita tidak bisa berpikir panjang saat perasaan kita sedang kacau, apapun akan kita lakukan kalau sedang dalam kondisi seperti itu. hal yang tidak akan mungkin kita lakukan saat sadar, biasanya kita akan menyakiti diri sendiri. bukankah dengan menyakiti diri sendiri akan membuat kita bertambah kacau. kalau kita mau berpikir, bukankah bukan kita yang melakukan kesalahan, terus kenapa jadi kita yang kacau, kita yang stress? alangkah bodohnya kita!!

alangkah sempitnya dunia saat itu, yang kita pikirkan cuma sakit hati karena dibohongi, satu kata yang berulang-ulang terngiang di otak kita,, teganya,, teganya,, teganya,,. yang terlintas di otak cuma ingin cepat mengakhiri semua ini dengan cara mengakhiri hidup, seakan-akan tak ada yang bisa kita lakukan kalau kita hidup tanpa dirinya. tapi apakah pasangan kita akan merasakan hal yang sama dengan kita?, jawabnya pasti tidak.

hidup ini indah dan tak akan berulang lagi, masih banyak yang bisa kita lakukan. tak ada efek apapun yang akan kita dapat seandainya kita mencoba mengakhiri hidup kita, terlalu naif rasanya kalau kita sampai berpikir pasangan kita akan merasa kehilangan dan menyesali perbuatannya kalau kita bunuh diri demi dia. andai pun itu terjadi, apa yang akan kita dapat? toh, kita sudah tak di dunia lagi. rugi besar rasanya!!!

kita bisa mengubah cara pandang seperti itu, dimulai dengan pelajaran menghitung, hmm,, apa yang bisa kita hitung dari sebuah perselingkuhan? yang kita hitung adalah, kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita dan pasangan kita, kemudian kita jumlah, mana yang lebih dominan? apakah kelebihan dia bisa menutupi kekurangan kita dan seberapa besar kelebihan kita menutupi kekurangannya? setalah itu, renungkan hasil yang di dapat, seberapa berpengaruh dia terhadap kehidupan kita. jika tak ada nilai tambah yang kita dapat dari dia, kenapa juga kita harus repot kalau harus kehilangan dia??

kalau pasangan kita selingkuh, berarti dia menilai kita lebih buruk dari selingkuhannya. di saat kita dianggap lebih buruk atau dia menganggap kelebihan kita tidak sesuai keriteria dia, kenapa kita harus tetap bertahan? padahal kita sudah tidak dianggap.

kita bisa marah pada diri sendiri atau pasangan kita saat kita dihianati. tapi kita marah dengan cara yang lebih keren alias lebih intelek. kita bisa belajar instropeksi diri supaya kita bisa lebih baik, mencoba melihat diri kita dari sisi kekurangan kita yang bisa menyebabkan pasangan kita berpaling. saat itu sudah kita lakukan, kita akan menjadi lebih baik.

bodoh kalau kita merusak keindahan dan kesenangan hidup kita hanya demi pasangan yang sudah menilai kita buruk. bodoh kalau kita sampai kehilangan semangat, kepercayaan diri kita, bahkan nyawa kita hanya demi pasangan yang tak sejalan dengan pemikiran kita.

yakin, bahwa manusia itu diciptakan berpasang-pasangan, tapi hidup bukan sekedar mencari pasangan!! ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dengan atau tanpa pasangan. selingkuh itu pilihan, terus menjalani hidup setelah diselingkuhi juga pilihan. terus melangkah dan menjadi tegar adalah keharusan. “angin bukan musuh untuk layang-layang, angin adalah teman yang bisa menerbangkannya ke angkasa. begitupun manusia, masalah bukanlah hal yang harus dihindari, masalah adalah teman bagi manusia untuk menjadi dewasa dan tegar menghadapi hidup,,”

gud luck!!

Komentar
  1. […] This post was mentioned on Twitter by miftahul ilmi, miftahul ilmi. miftahul ilmi said: SELINGKUH: sebenarnya mau menulis tentang pengalaman di bromo dan songa adventure, tapi tidak tahu kenapa koq otak… http://bit.ly/cVcIVB […]

  2. iLLa mengatakan:

    manusia itu diciptakan berpasang-pasangan, tapi hidup bukan sekedar mencari pasangan!! ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dengan atau tanpa pasangan.

    hahay.. tertohok sama kalimat ini.
    manusia memang diciptakan berpasang2an, kalo pasangannya gak ketemu di dunia, mungkin akan dipertemukan di akhirat. Apapun itu, itulah yg terbaik yg ditunjukkan Tuhan pada kita. Jalani saja, sambil tetap ngeblog, hehe..

    Soal selingkuh, wedew,, ndak tau mw komen apa, wong yg mw diselingkuhin jg gak ada😆

    • kodokkrawu mengatakan:

      sip,, tujuan utama manusia diciptakan untuk beribadah,, mencari pasangan adalah warna-warni dunia, termasuk di dalamnya ada yang namanya selingkuh,, tetap semangat dan teguh kan hati, di setiap hari,, sampai nanti, sampai mati,,🙂

  3. Himawan mengatakan:

    blogwalking….visit giriayoga.blogspot.com

  4. andinoeg mengatakan:

    hemm, cinta itu harus apa adanya

    harus bisa menerima kekurangan maupun kelebihan pasangan kita

  5. nakula mengatakan:

    gw suka kata2 yang ini:

    “angin bukan musuh untuk layang-layang, angin adalah teman yang bisa menerbangkannya ke angkasa. begitupun manusia, masalah bukanlah hal yang harus dihindari, masalah adalah teman bagi manusia untuk menjadi dewasa dan tegar menghadapi hidup”

    thx bro pencerahannya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s