LEBAY ITU DOSA,,

Posted: 10 Mei 2010 in berpikir positif, opini
Tag:, ,

hmm,, seringkali kita mendengar kata “lebay” banyak bertebaran di sekitar kita. kata lebay diambil dari istilah anak muda jaman sekarang (hmm, jadi mikir, kenapa nenek saya dulu g pernah bilang lebay ya??) yang artinya berlebihan, berlebihan dalam segala hal, apapun itu. istilahnya terlalu heboh untuk sesuatu hal yang biasa saja.

kenapa saya bilang lebay itu suatu dosa? simple saja, saya pernah membaca dalam al-quran “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (QS Al-A’raf [7]: 31)”. dalam ayat itu terdapat larangan bagi kita untuk berbuat yang melebihi batas. mudah saja menganalogikannya, kalau kita makan dan minum secara berlebihan maka bukan rasa kenyang yang kita dapat, tapi kondisi perut yang serba tidak enak, itu sedikit akibat yang terlihat, masih banyak akibat brruk yang dapat timbul kalau kita berlebihan dalam makan atau minum.

sebenarnya bukan hanya dalam konteks makan atau minum saja yang terdapat larangan untuk berlebihan. semua hal kalau kita lakukan secara berlebihan, akan menimbulkan kemudlaratan atau keburukan. misal dalam hal pemborosan atau sifat konsumtif, Pemborosan dan sikap konsumtif dapat menimbulkan kelangkaan barang-barang yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan akibat kenaikan harga-harga. itu dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

islam mengajarkan kita proporsional dalam segala hal, dalam beribadah pun kita harus proporsional. berikut ada sebuah kisah, Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra. : tiga orang laki-laki berkunjung ke rumah istri-istri Nabi Saw menanyakan bagaimana (kualitas) Nabi Saw beribadah kepada Allah. ketika mereka diberitahu perihal itu, mereka merasa ibadah yang selama ini mereka lakukan sangat tidak memadai dan berkata, “begitu jauhnya kita dari Nabi Saw yang dosa masa lampau dan masa depannya telah diampuni Allah”. lalu salah seorang dari mereka berkata, “aku akan mengerjakan shalat sepanjang malam”. yang lain berkata, “aku akan berpuasa sepanjang tahun”. dan yang lainnya lagi berkata, “aku tidak akan menikah seumur hidupku”. Rasulullah Saw menemui mereka dan berkata, “apakah kalian orang-orang yang berkata ini dan itu? demi Allah, aku lebih tunduk dan takut kepada Allah daripada kalian. tetapi aku berpuasa dan berbuka, shalat dan tidur, dan menikahi perempuan. maka barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku”.

apapun yang sifatnya melebihi batas alias lebay itu tidak akan baik hasilnya, dalam beribadah sekalipun. selanjutnya, apakah kita masih akan bersifat lebay, kalau sudah jelas bahwa lebay itu tidak di suka oleh Allah.

hmm,, lebay kah kita??

Komentar
  1. iccuz mengatakan:

    pertamax jeh !

  2. gajah_pesing mengatakan:

    itulah, mengapa saia suka dengan kalimat “Mesti lak ngeyel”

  3. TUKANG COLONG mengatakan:

    ya semua yang berlebihan emang gag baik.;)

  4. TUKANG COLONG mengatakan:

    hey kawan, aku berkunjung lagi nih.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s