PPN MAKANAN/MINUMAN DIHAPUS

Posted: 22 April 2010 in opini, warna warni
Tag:, ,
pajak

kutipan UU no.42 tahun 2009

berikut isi kutipan UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPNBM pasal 4A butir 2: barang yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:

1. barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya
2. barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak
3. makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering
4. uang, emas batangan, dan surat berharga.

UU ini berlaku mulai tanggal 1 april 2010, jadi mulai sekarang kalau kita makan di restoran, hotel, atau tempat makan seharusnya kita sudah tidak dikenakan PPN lagi. tapi yang masih terjadi adalah kita tetap dikenakan PPN, karena banyak diantara kita yang tidak tahu tentang masalah ini, dan kurangnya sosialisasi dari pihak yang berwenang. pengusaha restoran atau tempat makan pun seakan tak mahu tahu dengan peraturan itu, bisa jadi mereka tahu tapi pura-pura tidak tahu. maka lagi-lagi konsumen yang dirugikan, saat ada kenaikan BBM, para pengusaha makanan ramai-ramai menaikkan harga jualnya. tapi saat ada penghapusan pajak, mereka diam saja.

kita harus bisa memperjuangkan hak kita sperti yang diatur dalam UU tersebut. tak ada gunanya UU kalau tidak bisa diaplikasikan secara menyeluruh. pihak yang berwenang juga harus menyosialisasikan ke masyarakat, agar UU tersebut bisa diaplikasikan dan diterapkan dengan segera.

hmm,, alangkah bijaksananya kalau para pengusaha makanan dan minuman mulai menghapus PPN dari harga jual mereka. penghapusan PPN akan lebih menarik simpati masyarakat, dan bisa menguntungkan para pengusaha itu sendiri karena bisa menjadi sarana promosi yang efektif.

Komentar
  1. gajah_pesing mengatakan:

    enak neng mbak tin, gak ada pajak

  2. […] This post was mentioned on Twitter by miftahul ilmi. miftahul ilmi said: PPN MAKANAN/MINUMAN DIHAPUS: berikut isi kutipan UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPNBM pasal 4A butir 2: barang… http://bit.ly/d4KN66 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s