IKHTIAR SEORANG TEMAN

Posted: 19 April 2010 in berpikir positif, warna warni
Tag:, ,

eq“Wanita dinikahi karena empat faktor, yakni karena harta kekayaannya, karena kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu”(HR. Muslim). tulisan ini didasari curhat seorang teman tentang kisah cintanya. aku tergelitik untuk menjabarkannya dalam bentuk tulisan, bukan untuk menceritakan kembali kisahnya tapi menguraikan tanggapanku tentang kisah itu. dan tidak lupa juga, aq tergelitik untuk tertawa, he,, maaf sobat. tak ada maksud untuk untuk membuka aib, tapi sekedar untuk dijadikan pelajaran untuk kita semua.

dimulai dari kata-kata, “aku rela kamu jadikan isteri kedua mas”,, aku yang dengar kata-kata itu saja merinding, apalagi yang diajak bicara. kalimat itu diucapkan dalam keadaan kalut dan tertekan karena tak tahu lagi harus memohon seperti apa supaya bisa bersama sang pujaan hati. saya tidak sepenuhnya menyalahkan teman saya karena kata-kata itu diucapkan dalam keadaan bingung. di sini saya menggaris bawahi, apa sampai seperti itu seseorang mencari kebahagian yang masih semu, sampai rela untuk berbagi dengan orang lain. saya katakan semu karena belum tentu juga mereka akan bahagia kalau bersama, ke-semu-an yang dikejar dengan mengorbankan harga diri.

keinginan untuk dijadikan isteri kedua itu menunjukkan rasa ingin memiliki yang sangat besar, dan itu sudah menjadi dasar yang buruk untuk sebuah pernikahan, karena bukan lagi dilandasi untuk beribadah pada Allah. tak akan datang kebaikan pada keduanya kalau itu sampai terjadi. niat untuk beribadah pada Allah adalah lebih besar keutamaannya daripada mengejar kesenangan diri yang bersifat fana.

dalam islam, seorang muslimah itu yang mencarikan jodoh adalah walinya. bahwa wanita baik-baik maka jodohnya lelaki baik-baik, begitu pun sebaliknya. saya tidak mengatakan bahwa laki-laki yang dikejar oleh teman saya ini tidak baik, tapi saya beranggapan, teman saya ini baik, maka selayaknya dapat jodoh yang baik, dengan cara yang baik dan di waktu yang baik pula. kalau dia memaksakan untuk menjadi isteri kedua, apa semua keluarganya setuju? karena hakikat pernikahan itu bukan cuma menyatukan dua orang tapi dua keluarga. alangkah eloknya kalau dia mendapat jodoh dengan cara yang baik. “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…..”(QS : An Nuur : 26).

jodoh itu memang kadang harus diperjuangkan tapi dengan cara yang tidak menyakiti diri sendiri maupun orang disekitar kita, apalagi dia seorang perempuan. bahwa mahluk yang bernama manusia diciptakan berpasang-pasang, itu benar adanya, jadi kita tidak perlu merendahkan diri kita demi mengejar ketidakpastian. “Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri) nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya”(An Nuur :33)

ini untuk pelajaran bagi kita semua, nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Apabila datang laki-laki (untuk meminang) yang kamu ridhoi agamanya dan akhlaknya maka kawinkanlah dia, dan bila tidak kamu lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas” (HR. Tirmidzi dan Ahmad). kadang perlu perjuangan untuk mencari jodoh, tapi bukan berarti kita bisa menyakiti hati orang-orang di sekeliling kita. cinta memang hanya kita yang rasa, tapi alangkah eloknya kalau kita tidak melukai banyak hati yang bertebaran di sekeliling kita.

eq3Jangan putus asa sobat, Jodoh adalah masalah ghoib yang menjadi rahasia Allah, sebagai manusia hanya bisa berikhtiar dan berdoa. Sudah menjadi janji Allah bahwa semua makhluknya akan berpasang-pasangan. Hanya Allah yang maha tahu kapan waktu yang tepat untuk jodoh kita masing-masing. Wallahualam bishowwab.. Innamal A’malu Bin Niyat,,

Komentar
  1. […] This post was mentioned on Twitter by miftahul ilmi. miftahul ilmi said: is http://tinyurl.com/y3rf4mn (bagaimana tanggapanmu?) http://tinyurl.com/n37aqz http://plurk.com/p/4r2y91 […]

  2. gajah_pesing mengatakan:

    kok kayak lagu ya? Cari Jodoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s