POSKO STRES PASCA UNAS

Posted: 27 Maret 2010 in opini
Tag:, ,

melihat judul yang ditampilkan, kita jadi berpikir, apa sebegitu menakutkannya ujian nasional yang diadakan oleh pemerintah hingga diperlukan penanggulangan untuk dampak yang dihasilkan. tahun ini, Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 75/2009 tentang UN SMP/Mts, SMPLB, SMA/MA, SMALB dan SMK menetapkan standar kelulusan UN nilai rata-rata 5,50 untuk semua mata pelajaran yang diujikan. untuk siswa SMK ditambah dengan ujian produktif harus mempunya nilai minimal 7,00 dan digunakan untuk rata-rata semua pelajaran yang diujikan.

melihat standar yang harus dicapai begitu tinggi, banyak siswa yang tidak percaya diri dalam menghadapi UNAS kali ini. banyak dari mereka yang berusaha mencari bocoran jawaban dari teman-teman mereka atau dari para joki yang biasanya menawarkan jawaban dengan imbalan tertentu. ini kebanyakan dilakukan oleh siswa yang tidak yakin dengan kemampuan akademik mereka sendiri.

tekanan yang dihadapi siswa sebelum atau sesudah UNAS memungkinkan mengakibatkan mereka stress, meski sekarang UNAS sudah berlalu tapi kecemasan masih meliputi benak para siswa, mereka masih memikirkan hasil yang akan mereka capai dalam UNAS kali ini. yang mungkin saja bisa berakibat stres pada siswa, untuk itu digagas adanya posko yang diperuntukkan menanggulangi atau meminimalisasi tingkat stres para siswa.

kalau misalnya kita mau menelaah tentang UNAS itu sendiri, sekarang masih banyak kontroversi yang berkembang tentang perlu atau tidaknya UNAS diadakan. sebenarnya perdebatan masalah itu tidak perlu dimunculkan kalau saja sistem pendidikan yang ada di Indonesia bisa diatur sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan output yang punya nilai kompetensi dan tidak takut menghadapi ujian macam apapun. diperlikan juga pemerataan mutu pendidikan di setiap daerah sehingga tidak timbul kesenjangan antara pusat dan daerah. kalau sistem pendidikan sudah kita atur dan diperbaiki, maka tidak akan perlu ada ketakutan atau kekhawatiran tentang adanya UNAS.

pada dasarnya UNAS kan cuma evaluasi belajar yang sudah kita tempuh selama 3 tahun, jadi kenapa mesti kita khawatir? toh semua materi yang diujikan sudah kita peroleh, jadi apa yang harus ditakutkan? kalau kita belajar dengan semestinya, kita tidak akan merasa terbebani dengan adanya UNAS, dan kita tak perlu stres. dengan begitu, tak perlu ada posko yang digunakan untuk korban UNAS. perbaikan sistem pendidikan itu yang perlu!!! bukan posko stres!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s