PUASA BULAN RAJAB

Posted: 13 Juni 2010 in berpikir positif, warna warni
Tag:,

tidak terasa, sekarang sudah memasuki bulan Rajab dan sebentar lagi uda puasa. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Muharram yang artinya dimulyakan. Ada 4 bulan yang dimuliakan, yaitu: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Puasa dalam bulan Rajab, sebagaimana dalam bulan-bulan mulya lainnya, hukumnya sunnah. Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah bersabda “Puasalah pada bulan-bulan haram(mulya).” (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad). Hadis lainnya adalah Riwayatnya al-Nasa’i dan Abu Dawud (dan disahihkan oleh Ibnu Huzaimah): “Usamah berkata pada Nabi saw, ‘Wahai Rasulullah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunat) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya’ban.’ Rasul menjawab: ‘Bulan Sya’ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang.'”

Ada beberapa hadis lain yang menerangkan keutamaan bulan Rajab. Seperti berikut ini:

* “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu sorga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan.”
* Riwayat al-Thabrani dari Sa’id bin Rasyid: Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab maka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu sorga, bila puasa 10 hari Allah akan mengabulkan semua permintaannya…..”
* “Sesugguhnya di sorga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut”.

menghadapi bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang, mungkin kita dapat mulai berlatih di bulan rajab ini untuk berpuasa, sedikit merenung tentang apa yang sudah dan akan kita lakukan. semoga kita selalu diberi nikmat sehat, supaya bisa menjalankan perintah Allah dan dapat bertemu bulan Ramadhan lagi.

About these ads
Komentar
  1. iLLa mengatakan:

    kemaren sempat ingat waktu hari pertama bulan Rajab. Tapi sekarang lupa lagi, huhuhu..
    Makasih sudah diingatkan yaa. Semoga kita diberkahi di bulan Rajab dan dipertemukan dengan Ramadhan. Amiiin Ya Rabb

  2. kodokkrawu mengatakan:

    sama2 mbak,, semoga kita tetap diberi nikmat sehat supaya dapat bertemu dan menjalankan ibadah d bulan ramadhan,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s